Senin, 21 Januari 2013

Soal Dan Jawaban UAS Interaksi Manusia Komputer

Ujian Akhir Semester - Interaksi Manusia Komputer

Dosen : 1. Prof. Dr. Muhammad Zarlis
             : 2. Elviwani ST, S.Kom, M.Kom
Nama  : Erick Ricardo Lubis
NIM       : 111421074

1. Jelaskan tentang terminologi pengertian ilmu intertaksi manusia dan komputer.
Jawab:
Disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan      evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia


2. Apa tujuan dari pemahaman aspek-aspek suatu Interaksi Manusia dan Komputer
Jawab:
Agar dicapai suatu kondisi nyaman untuk  seseorang yang harus bekerja di depan komputer untuk selang waktu yang cukup lama.


3. Untuk menghasilkan suatu interface yang baik dalam sebuah perancangan, hal-hal apa  saja   yang harus dilakukan.
Jawab:
  1. Pengaturan alat pengendali dan tampilan
  2. Lingkungan Kerja
  3. Kesehatan
  4. Penggunaan warna
  5. Bahasa yang digunakan

4.  Faktor – Faktor IMK yang terdapat blog saya.
Jawab: 
1. Faktor Rekayasa Perangkat Lunak
    Faktor rekayasa perangkat lunak terdapat pada berbagai unsur di blog
2. Faktor  Teknik Penulisan
    Blog saya menggunakan teknik penulisan yang baik dan mudah dilihat.
3. Faktor Multimedia
    Blog ini disertai slideshow dan jam digital.
4. Faktor Kecerdasan Buatan
    Terdapat kolom search yang dapat mencari artikel yang diinginkan.
5. Faktor Psikologi
    Dibuat untuk bisa dinikmati siapapun

5.  Sebutkan jenis menu yang ada dalam blog tersebut
Jawab:
Menu Pull Down/Drop Down : dimana apabila pointer berada di area menu tersebut maka akan menampilkan sub menu baru.     
Label Dropdown
Menu Tab

6. Jelaskan tentang Computer Supported Cooperative Work     
Jawab:
Computer-Supported Cooperative Work (CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering di antara mitra yang berjauhan. Hasil CSCW biasanya disebut Groupware. Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.

7. Sebutkan dan jelaskan 10 contoh group ware yang anda ketahui
Jawab:
Email
Email merupakan groupware tersukses yang ada. Email termasuk jenis komunikasi yang asynchronous (berbeda waktu) dan remote  (berbeda tempat). Komponennya terdiri dari alamat tujuan (To), salinan (Cc)  juga disertai dengan penanda waktu kirim.
Mekanisme pengiriman e-mail membutuhkan delay dalam pengirimannya dan masalah ini tidak dapat diperkirakan dan sangat tergantung pada tingkat penggunaan komputer yang digunakan sebagai relay suatuy pesan. Dalam suatu e-mail yang sederhana terdapat hanya satu penerima. Banyak sistem e-mail yang mengijinkan dapat diterima oleh banyak penerima dengan menuliskan (Cc: ) dalam e-mail yang dikirimkannya menjadi suatu group. Group ini berisi daftar distribusi yang berisi nama group dari  sekelompok user yang sering mengirim e-mail.
Dalam sistem ini pesan yang dikirimkan dialamatkan ke dalam suatu bulletin board atau newsgroup. Dalam pengirimannya dari suatu lokasi membutuhkan waktu pengiriman dalam ukuran menit atau hari, sedangkan e-mail yang berbasiskan LAN dalam satu lokasi hanya membutuhkan beberapa detik.
Instant Messanger
Instant messenger seperti yahoo messenger merupakan suatu fasilitas untuk mengirim pesan berbasis internet yang mendapat umpan balik secara langsung, selain itu juga bisa berkirim file, suara dan video dengan adanya fasilitas web camera.
Layanan pesan singkat (sms)
Layanan pengiriman pesan yang dibatasi 160 karakter. Dengan layanan 3G, bisa disertai komunikasi face to face.
Konferensi dan Komunikasi video
Untuk berkomunikasi di antara beberapa orang yang terpisah secara lokasi memerlukan biaya yang tidak sedikit serta waktu tempuh yang tidak singkat. Untuk memenuhi kendala tempat, waktu dan biaya tersebut diatasi dengan teknologi video konferensi yang berbasis teknologi satelit. Masing-masing lokasi dalam sebuah sistem video konferensi membutuhkan sarana untuk mengirim dan menerima video yang dikirim melalui satelit.
Konferensi video bukanlah pengganti komunikasi face to face karena memiliki kekurangan antara lain timbal balik dan kontak mata yang kurang. Solusi untuk mengatasi kurangnya kontak mata dengan adanya video tunnel.
Argumentation Tools
Komunikasi ini berbentuk dua arah dan melihat kontribusi masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mengkomunikasikan alasan pengambilan keputusan di antara perancang
Meeting Room
Suatu ruang pertemuan yang dirancang menggunakan peralatan komputer untuk  pertemuan tatap mata. Rancangan ruang ini dapat berbentuk U atau C yang diatur mengelilingi layar monitor dan masing-masing peserta mempunyai masing-masing monitor. Sistem ini mendukung beberapa bentuk pekrjaan seperti penggunaan terminal secara pribadi dan sub group pada kegiatan teleconferencing atau email.
Sistem ini beroperasi dengan mode dimana semua layar peserta dan layar pada terminal pusat mempunyai tampilan yang sama. Hal ini dikenal dengan istilah WYSIWIS (what you see is what I see). Masalah pada sistem ini adalah jika beberapa peserta memutuskan untuk menulis pada waktu yang  bersamaan.
Shared work surfaces
Merupakan suatu sistem yang menggunakan efek whiteboard, yakni suatu sistem yang mengatur para peserta menulis dengan  tangan secara langsung ke layar besar. Tulisan ini akan dibuat film dengan kamera atau di capture secara digital dengan  menggunakan layar yang sensitive.Tampilan tulisan satu peserta akan ditampilkan ke peserta yang lain. Variasi yang lain dari shared work surface ini adalah dengan membuat peserta menulis pada suatu kertas pada masing-masing desktop dan dibuat filmnya dari arah atas. Gambar dari masingmasing peserta akan digabungkan dan ditampilkan pada masing-masing layar di area kerja peserta.
Shared Editor
Editor ini dapat berbentuk text maupun grafik yang bekerja sama. Bentuk software yang digunakan dalam meeting room dapat berbentuk shared editor tetapi digunakan untuk kerjasama pada dokumen yang normal. Dengan membuat PC dan windows bekerjasama maka user mengharapkan mempunyai maksud yang sama dalam suatu komunikasi, dimana hal ini dapat juga dilaksanakan pada komunikasi secara face to face (co-located), saluran audio dan video atau sekurangnya pada  komunikasi secara tekstual.
Shared Diary
Ide dari sistem ini adalah sederhana yakni setiap orang menggunakan shared electronic diary, hal ini berlaku sama jika menggunakan personal komputer dan pocket organizers. Jika ada seseorang ingin membuat pengaturan pertemuan maka sistem akan mencari diaries semua orang untuk menemukan waktu yang kosong
Shared PCs & Windows
Sistem ini difokuskan pada pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama. Ide sistem ini adalah membuat beberapa komputer seolah-olah menjadi satu kesatuan. Apapun yang ditulis akan terlihat pada setiap terminal. Hal ini mirip pada meeting room tetapi tidak terdapat layer besar.
Sistem ini mempunyai dua kegunaan yakni ada :
1. Dokumen yang sedang dalam proses, contoh jika peserta sedang menggunakan program spreadsheet secara bersama untuk memecahkan persoalan keuangan.
2. Untuk technical support, contoh jika kita sedang mengalami kesulitan pada suatu aplikasi kemudian menelepon local technical guru yang akan terhubung dengan komputer kita.
Contoh aplikasi Gropuware adalah:
Yahoo mail
Gmail
Skype
Volke
IM Video Chat
DropBox
BBM

WhatsApp
Team Viewer
Google+  
Yahoo Messenger   

8. Tuliskan alamat blog yang anda buat
Jawab:
http://erickricardolubis.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar

Feature

Pages

Pages - Menu

Categories